Memilih Text Editor: Belajar HTML Dasar Part 2

Memilih Text Editor: Belajar HTML Dasar Part 2
Hallo pembaca setia bakuraid, kali ini bakura akan membahas tentang Memilih Text EditorBelajar HTML Dasar Part 2 artikel ini membahas tentang pengertian text editor dan web browser serta beberapa penjelasan tentang text editor saya recomendasikan. langsung saja saya akan bahas.


Memilih Text Editor HTML

Untuk yang baru memulai belajar bahasa pemrograman, khususnya disini adalah pemrograman web, tentu saja anda akan berfikir bagaimana cara membuat, dan apa yang harus digunakan untuk membuat webiste itu ? berikut akan saya berikan jawaban yang mungkin terlintas dalam hati dan pikiran anda yang baru memulai belajar bahasa pemrograman web. Sebelum memulai mengetik kode-kode HTML, terlebih dahulu kita harus menyediakan aplikasi text editor dan web browser. apa itu Text Editor apa itu Web Browser ? kita akan bahas setelah ini.

Apa Itu Text Editor ?

Text Editor merupakan aplikasi yang digunakan untuk menulis syntax atau kode program. Text editor sendiri banyak sekali macamnya yang dapat digunakan untuk menulis kode HTML, contoh aplikasi text editor adalah Notepad yang disediakan oleh sistem operasi windows, Textedit yang disediakan oleh sistem operasi Mac dan Nano yang disediakan oleh sistem operasi linux. Text editor berbeda dengan Word Processor (Microsoft Word, King Soft, WordPerfect). Dikarenakan text editor tidak dapat digunakan untuk mengatur format document serta tidak disediakan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk desktop publishing.

Apa Itu Web Browser ?

Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan kode program HTML yang sudah dibuat. Untuk browser bisa menggunakan yang sudah disediakan oleh sistem operasi langsung ataupun bisa juga mendownload aplikasi browser yang lain seperti: Mozilla Firefox, Google Chrome dan lain sebagainya.

Memilih Text Editor ?

Memilih text editor harus sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa text editor yang saya sarankan untuk digunakan dalam penulisan kode program bagi yang baru belajar bahasa pemrograman.

Sublime Text Editor

Sublime Text editor adalah Aplikasi editor yang paling banyak digunakan oleh programer, termasuk yang baru belajar. Software ini memiliki tampilan yang elegan dan tidak memakan banyak memory. Software ini tersedia untuk windows, Mac, dan Linux. Untuk anda yang ingin menggunakan aplikasi ini bisa di download dari situs resminya langsung, yaitu di https://www.sublimetext.com/.

Notepad ++

Text editor ini dapat digunakan untuk windows dan free licence artinya bebas digunakan tanpa mengeluarkan biaya atau gratis. Jika ingin menggunakan aplikasi notepad++ dapat di download pada situs resminya, yaitu https://notepad-plus-plus.org/.

Atom

Text editor ini hampir mirip dengan sublime text namun text editor ini agak sedikit lebih berat atau kapasitasnya lebih besar jika dibandingkan dengan sublime. Software ini dapat digunakan oleh platform Mac, Windows, dan Linux. Jika ingin menggunakan aplikasi ini bisa di download di https://atom.io/.

Netbeans

Text editor ini merupakan salah satu favorit programer. Tetapi text editor ini memiliki memori yang sangat besar dari text editor lain yang disebutkan di atas. Kemudahan aplikasi ini adalah tampilan kode program yang ditulis lebih rapi. Jika anda ingin menikmati editor ini bias di download di situs resmi netbeans, yaitu di https://netbeans.org/.

Itulah beberapa pilihan text editor yang dapat digunakan untuk menulis kode HTML. Text editor ini selain dapat digunakan untuk menulis kode HTML dapat juga untuk menulis kode program lainnya contohnya PHP, CSS, JavaScript, dan beberapa kode program lainya.

Jadi kesimpulannya, sebelum memulai belajar kode program, yang harus dimiliki terlebih dahulu adalah memilih salah satu aplikasi text editor html yang akan digunakan untuk menulis kode program dan memilih web browser untuk menjalankan kode program.

Sekian artikel kali ini tentang Memilih Text EditorBelajar HTML Dasar Part 2 semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam belajar tentang HTML. Bakura mengucapkan terimakasih atas kunjunganya silahkan cari artikel lain diblog ini.

0 Response to "Memilih Text Editor: Belajar HTML Dasar Part 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel