Cara Membuat Komentar Di HTML: Belajar HTML Dasar Part 15

Cara Membuat Komentar Di HTML: Belajar HTML Dasar Part 15
Hallo pembaca setia bakuraid, kali ini bakura akan membahas tentang Cara Membuat Komentar Di HTML: Belajar HTML Dasar Part 15 artikel ini menjelaskan tentang kegunaan dan contoh penggunaan komentar. Langsung saja saya akan membahasnya.

Membuat Komentar Di HTML

Komentar pada HTML adalah kode yang tidak dibaca oleh web browser. Fungsinya komentar sendiri yaitu untuk membantu kita dalam menuliskan note/catatan pada kode yang kita buat. Contohnya saat kita bekerja secara tim kita harus membuat catatan diatas kode tersebut agar tim kita mengerti apa yang kita buat atau kita mungkin akan lupa dengan cara kerja kode yang kita buat sendiri setelah sekian lama kita tidak membukanya. Untuk mengatasinya, kita bisa menyisipkan komentar penjelasan maksud dari kode tersebut yang dapat ditulis di sekitar kode tersebut (Biasanya ditulis diatasnya). Dalam menuliskan komentar pada HTML memiliki tag khusus.

Membuat Komentar Pada HTML

Untuk membuat komentar pada HTML yaitu menggunakan <!– sebagai pembuka dan –> sebagai penutupnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita buat contoh. Coba tulis atao copy paste kode HTML berikut:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Tag Komentar</title>
</head>
<body>
<!-- <p>Ini berada di dalam tag komentar, dan tidak akan tampil di browser</p> -->
<p>Ini bukan komentar, dan akan tampil di browser</p>
</body>
</html>
Kemudian simpan kode diatas dangan nama part15.html, lalu buka file tersebut dengan browser kemudian akan muncul tampilan seperti gamabar dibawah ini:

Contoh Membuat Komentar Pada HTML

Dari hasil contoh diatas dapat dilihat tag pembuka komentar adalah  <!– dan tag penutup –>.
Tag komentar ini berlaku selama belum di temukan tag penutup. Selain digunakan sebagai catatan atau pengingat, tag komentar juga berguna untuk mencoba tampilan kode HTML yang ingin dibuat, tanpa menghapus kode sebelumnya. Meskipun komentar tidak ditampilkan di web browser, akan tetapi komentar masih bisa dilihat melalui source halaman HTML. Untuk itu, sebaiknya tidak menuliskan komentar yang penting atau bersifat rahasia, contohnya username atau password.

Kesimpulan dari artikel ini adalah komentar di HTML digunakan untuk catatan atau pengingat untuk kode yang dibuat agar tidak lupa fungsi dari kode yang kita buat. Komentar memiliki tag khusus yaitu <!– sebagai tag pembuka dan –> sebagai tag penutup dan jagan menuliskan komentar yang bersifat rahasia.

Sekian artikel kali ini tentang Cara Membuat Komentar Di HTML: Belajar HTML Dasar Part 15 semoga bermanfaat dan mudah dipahami serta dapat membantu anda dalam belajar tentang HTML. Bakura mengucapkan terimakasih atas kunjunganya silahkan cari artikel lain diblog ini.

0 Response to "Cara Membuat Komentar Di HTML: Belajar HTML Dasar Part 15"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel