Membuat dan Menjalankan File HTML: Belajar HTML Dasar Part 3

Membuat dan Menjalankan File HTML: Belajar HTML Dasar Part 3
Hallo pembaca setia bakuraid, kali ini bakura akan membahas tentang Membuat dan Menjalankan File HTMLBelajar HTML Dasar Part 3 artikel ini membahas tentang cara membuat html serta menjalankan file HTML. langsung saja saya akan bahas.
Membuat dan Menjalankan File HTML

Setelah aplikasi Web Browser terpasang, dan sudah memilih Text Editor serta menginstallnya, sekarang ini kita akan membahas tentang cara membuat file HTML di Text Editor dan menjalankan file HTML dari web browser.

Membuat Serta Menjalankan File HTML

Pertama Buka Aplikasi Text Editor, kali ini saya menggunakan Sublime Text 3.
kemudian kita klik File > New File.
Akan muncul tab untitled, disinilah kita akan mengetikan kode yang akan kita buat.
kemudian ketikan atau copy paste kode ini:


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
<p>Belajar HTML Part 3</p>
</body>
</html>

bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
Membuat HTML


Kemudian Klik File > Save atau langsung dengan Ctrl + S,
Kemudian pilih lokasi untuk menyimpan file html. Untuk memudahkan dalam menemukan file, buat sebuah folder dengan nama “BelajarHTML” di Lokal Disk D (Drive D). Folder ini lah yang akan kita jadikan tempat menyimpan seluruh file HTML yang akan dibuat untuk belajar.
Kemudian beri nama file tadi dengan nama HTMLpart3.html, Lalu Save.
Setelah itu jalankan file HTMLpart3.html kita dengan cara buka folder yang udah dibuat tadi, lalu double klik pada file HTMLpart3.html, atau klik kanan –> Open With –> Chrome. Berikut merupakan hasilnya :
Contoh Menjalankan File HTML
Selamat! file HTML pertama anda dapat berjalan.

Apa yang tadi kita praktekan yaitu menjalankan file HTML dari komputer lokal. Perhatikan bagian URL atau alamat pada browser, diawali dengan “file:///” lalu diikuti dengan nama folder /nama file HTML yang disimpan dalam komputer, misalnya: “file:///D:/Belajar%20HTML/HTMLpart3.html“. Yang berarti, kita tidak diharuskan online untuk membuat serta menjalankan file HTML.

Kesimpulan dari artikel ini adalah setiap halaman HTML yang kita buat harus disimpan dengan ekstensi .html dan kita langsung bisa membukanya lewat web browser tanpa harus online.

Sekian artikel kali ini tentang Membuat Serta Menjalankan File HTMLBelajar HTML Dasar Part 3 semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam belajar tentang HTML. Bakura mengucapkan terimakasih atas kunjunganya silahkan cari artikel lain diblog ini.

0 Response to "Membuat dan Menjalankan File HTML: Belajar HTML Dasar Part 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel