Membuat Tabel Pada HTML: Belajar HTML Dasar Part 9

Membuat Tabel Pada HTML: Belajar HTML Dasar Part 9
Hallo pembaca setia bakuraid, kali ini bakura akan membahas tentang Membuat Tabel Pada HTML: Belajar HTML Dasar Part 9 artikel ini meliputi tag-tag yang digunakan untuk membuat tabel dan contohnya. Langsung saja saya akan membahasnya.

Membuat Tabel Pada HTML

Membuat Tabel HTML

Tabel merupakan data berbentuk baris dan kolom yang digunakan untuk menampilkan informasi. Dalam kode HTML, untuk membuat tabel yaitu menggunakan tag <table >, dan dilanjutkan menggunakan tag <tr> untuk membuat baris, serta tag <td> untuk membuat kolom. Tag <table> merupakan tag pembuka dalam pembuatan tabel pada html dan <./table> untuk penutupnya. Tag <tr> memiliki arti table row merupakan tag yang digunakan untuk membuat baris dalam table pada kode HTML dan jangan lupa </tr> sebagai penutupnya. Tag <td> memiliki arti table data merupakan tag yang digunakan untuk membuat kolom dalam baris ditulis diantara tag tr pembuka <tr> dan tag tr penutup </tr> dan jagan lupa untuk menutupnya dengan </td>. Dan Tag <th> memiliki arti table head seuai artinya yaitu digunakan untuk membuat bagian kepala pada table. Mungkin agak bingung dengan penjelasan di atas kita langsung coba dengan menuliskan kodenya atau copy paste kode dibawah ini :


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Tabel HTML</title>
</head>
<body>
<table border="1">
<tr>
<th>No</th>
<th>Nama</th>
<th>Alamat</th>
</tr>
<tr>
<td>1</td>
<td>Andy</td>
<td>Demak</td>
</tr>
<tr>
<td>2</td>
<td>Irfan</td>
<td>Semarang</td>
</tr>
<tr>
<td>3</td>
<td>Imam</td>
<td>Kendal</td>
</tr>
</table>
</body>
</html>

Kemudian simpan dengan nama part9.html, lalu coba jalankan pada browser, akan tampil seperti tampilan dibawah ini:

Hasil Kode Membuat Tabel HTML

Dari hasil contoh diatas dapat dilihat fungsi dari masing-masing tag yang sudah dipelajari diatas. Namun pada tag table dalam contoh diatas saya tambahkan atribut border="1". Atribut border berfungsi untuk menampilkan garis tepi/border pada tabel dan nilai/value 1 ini merupakan nilai tebal dari garis tepi yang ada pada tabel.( Untuk menghilangkan garis kita bisa kasih nilai 0 dan nilai lebih dari 1 untuk membuat garis tepi lebih tebal).

Untuk membuat tampilan tabel lebih berwarna, cantik dan menarik nanti akan dibahas pada artikel Belajar CSS.

Kesimpulan dari artikel ini adalah tag table digunakan untuk membuka dalam membuat tabel, tag th digunakan untuk membuat kepala tabel, tag tr digunakan untuk membuat baris pada tabel dan tag td digunakan untuk membuat kolom dalam baris.

Sekian artikel kali ini tentang Membuat Tabel Pada HTML: Belajar HTML Dasar Part 9 semoga bermanfaat dan mudah dipahami serta dapat membantu anda dalam belajar tentang HTML. Bakura mengucapkan terimakasih atas kunjunganya silahkan cari artikel lain diblog ini.

0 Response to "Membuat Tabel Pada HTML: Belajar HTML Dasar Part 9"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel