Struktur Dasar HTML: Belajar HTML Dasar Part 5

Struktur Dasar HTML: Belajar HTML Dasar Part 5
Hallo pembaca setia bakuraid, kali ini bakura akan membahas tentang Struktur Dasar HTMLBelajar HTML Dasar Part 5 artikel ini menjelaskan tentang mengenal format atau aturan penuliasan dan contoh tag yang merupakan struktur html. Langsung saja saya akan membahasnya.


Struktur Dasar HTML

Struktur Dasar HTML

Setiap halaman HTML biasanya memiliki struktur dasar yang terdiri dari : Tag DTD atau DOCTYPE, tag html, tag head, tag title, dan tag body. Tag-tag itulah yang merupakan struktur paling dasar dari halaman HTML, meskipun halaman HTML tidak hanya berisi struktur tersebut.

Biar lebih mudah dalam memahami kita praktekan, silahkan buka text editor (Sublime Text 3), kemudian ketikkan atau copy paste kode berikut ini:



<!DOCTYPE html>
 <html>
 <head>
<title>Title Website</title>
 </head>
<body>
 <p>Belajar HTML, Hello World!</p>
</body>
</html>

Simpan dengan nama part5 .html dan jalankan file tersebut dengan cara double klik pada file, atau klik kanan > Open With –> Chrome. Kali ini kita akan membahas tag-tag yang di buat tadi.


Struktur Dasar HTML


Mengenal Struktur Dasar HTML

Tag DTD atau DOCTYPE

Pengertian DTD atau DOCTYPE
Tag ini merupakan tag paling awal dari contoh HTML diatas adalah DTD atau DOCTYPE. DTD adalah singkatan dari Document Type Declaration. Yang berfungsi untuk memberi informasi kepada web browser bahwa file atau dokumen yang dijalankan adalah file HTML.

DTD mempunyai beberapa versi tergantung pada versi HTML yang dipergunakan. Yang kita gunakan adalah DTD versi HTML 5.
Jika tidak menuliskan DTD, web browser akan tetap menampilkan dan menjalankan halaman website seperti tidak terjadi apa-apa. Tetapi web browser sebenarnya menjalankan halaman HTML itu pada mode khusus yang disebut quirk mode.

Pada quirk mode, web browser membaca halaman website (terutama kode CSS) agak berbeda dari biasanya. Karena web browser menganggap bahwa ketika tag DTD tidak ada, halaman tersebut kemungkinan besar adalah halaman website usang. Untuk membuat halaman website ‘usang’ ini tetap tampil baik, web browser memerlukan aturan-aturan yang berbeda, yakni: quirk mode. Oke mungkin cukup pebahasan tag DTD, kita lanjut tag berikutnya.


Tag <html>

Setelah DTD, tag berikutnya adalah tag <html>.
Tag ini adalah tag pembuka dari keseluruhan halaman website. Seluruh kode HTML harus berada di dalam tag ini. Tag html ini dimulai dengan <html> dan diakhiri dengan </html>.


Tag <head>

Tag ini yaitu tag yang berisi element berbagai definisi halaman. Contohnya yaitu kode CSS, JavaScript, dan kode-kode lainnya yang tidak tampil pada web browser. Tag head ini dimulai dengan <head> dan diakhiri dengan </head>.


Tag <title>

Tag ini yaitu tag yang berfungsi menampilkan title atau judul dari sebuah halaman website. Title ini biasanya tampil pada tab halaman pada bagian web browser. Contohnya pada tampilan file part5.html yang kita buat tadi, ‘Title Website’ akan tampil pada tab browser. Tag title ini dimulai dengan <title> dan diakhiri dengan </title>.


Tag <body>

Tag ini yaitu tag yang berisi semua element yang tampil dalam halaman website, contohnya seperti heading, paragraf, tabel, link, gambar, dan lain lain. Tag body ini dimulai dengan <body> dan diakhiri dengan </body>.

Perlu diperhatikan bahwa setiap tag akan diakhiri dengan penutup tag. Stuktur HTML yang dibahas pada artikel adalah struktur yang paling sederhana. Sebuah halaman website dapat memiliki ratusan bahkan ribuan baris sesuai dengan kebutuhan pembuatnya.

Kesimpulan dari artikel ini adalah Struktur Dasar HTML meliputi Tag DTD atau DOCTYPE, tag html, tag head, tag title, dan tag body. Pahami fungsi masing-masing kegunaan Tag Sederhana ini karena selalu akan digunakan.


Sekian artikel kali ini tentang Struktur Dasar HTMLBelajar HTML Dasar Part 5 semoga bermanfaat dan mudah dipahami serta dapat membantu anda dalam belajar tentang HTML. Bakura mengucapkan terimakasih atas kunjunganya silahkan cari artikel lain diblog ini.

0 Response to "Struktur Dasar HTML: Belajar HTML Dasar Part 5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel